Soal dan Jawaban Pertempuran Medan Area

Soal dan Jawaban Pertempuran Medan Area


1. Pertempuran Medan Area diawali dengan konflik antara Pemuda dengan sekutu . Mengapa peristiwa itu terjadi ?
Jawab :
Awalnya (tanggal 9 Oktober 1945), pasukan Sekutu dipimpin Brigadir Jenderal T.E.D Kelly mendarat di Sumatra Utara dengan diboncengi NICA yang dipersiapkan untuk mengambil alih pemerintahan.
Sehari setelah mendarat, anggota RAPWI (Relief of Allied Prisoners of War and Interness) mendatangi kamp-kamp tawanan di Pulau Brayan, Saentis, Rantau Prapat, Pematang Siantar, dan Brastagi untuk membantu membebaskan para tawanan Jepang dan dikirim ke Medan atas persetujuan Gubernur Moh. Hassan.
Namun pada kenyataannya, para tawanan perang itu langsung dibentuk menjadi “Medan Batalion KNIL” sehingga memicu timbulnya konflik dengan para pemuda. 

Soal dan Jawaban Pertempuran Medan Area
dcc.ac.id

2. Konflik antara pemuda dan sekutu
Insiden pertama terjadi kapan, dimana dan bagaimana peristiwa itu terjadi ?
Jawab :
pada tanggal 13 Oktober 1945 dari hotel di Jalan Bali, Medan.
Insiden itu berawal dari tindakan seorang penghuni hotel yang merampas dan menginjak-injak lencana merah-putih yang dipakai oleh seorang warga setempat. Akibatnya hotel tersebut diserang oleh para pemuda. Dalam insiden tersebut jatuh korban 96 luka-luka, sebagian besar adalah orang-orang NICA.

3. Sehubungan dengan insiden antara pemuda dan sekutu , apa langkah-langkah yang ditempuh oleh para pemuda di Sumatra utara ?
Jawab :
a. tanggal 10 Oktober 1945 dibentuk TKR Sumatra Timur Pimpinan Achmad Tahir.
b. dibentuk badan-badan perjuangan lain di Sumatra Timur, yang pada tanggal 15 oktober 1945 bergabung menjadi Pemuda Republik Indonesia Sumatra Timur.
c. Dibentuk laskar-laskar perjuangan baru, seperti :
1. PNI membentuk Nasional Pelopor Indonesia (Napindo),
2. PKI memiliki Barisan Merah,
3. Masyumi memiliki Hizbullah, dan
4. Parkindo membentuk Pemuda Parkindo. 


4. Apa dampak insiden antara pemuda dan sekutu tanggal 13 Oktober 1945 di hotel di Jalan Bali, Medan ?
Jawab :
1. Pada tanggal 18 Oktober 1945, Inggris memberikan ultimatum kepada rakyat Indonesia agar menyerahkan senjatanya.
2. NICA yang merasa mendapat dukungan pasukan Sekutu melakukan aksi-aksi terror sehingga menimbulakan rasa permusuhan dengan rakyat Indonesia.

5. Meningkatnya korban di pihak Inggris akibat konflik pemuda dengan sekutu menyebabkan mereka memperkuat kedudukannya dan secara sepihak menentukan batas kekuasaannya. Tun jukkan buktinya !
Jawab :
Pada tanggal 1 Desember 1945, Sekutu memasang papan-papan yang bertuliskan Fixed Boundaries Medan Area di berbagai sudut Kota Medan. Sejak saat itu, kata “Medan Area” menjadi terkenal. 

Baca Juga: Soal dan Jawaban Pertempuran Ambarawa

6. Apa tindak lanjut dari penentuan batas kekuasaan secara sepihak oleh sekutu ?
Jawab :
Pada bulan April 1946, tentara Inggris berusaha mendesak pemerintah RI ke luar Kota Medan. Gubernur, Markas Divisi TKR, dan Walikota RI terpaksa pindah ke Pematang Siantar. Dengan demikian, Inggris menguasai Kota Medan.

7. Bagaiamana reaksi para pemuda sehubungan dengan tindakan Inggris yang secara sep[ihak menentukan batas-batas kekuasaannya dan mendesak pemerintah RI keluar dari Medan ? Jawab :
pada tanggal 10 Agustus 1946 di Tebingtinggi diadakan pertemuan antara komandan pasukan yang berjuang di Medan Area, yang memutuskan dibentuknya satu komando bernama Komando Resimen Laskar Rakyat Area yang membawahi 4 sektor perjuangan. Markas komando berkedudukan di Sudi Mengerti (Trepes). Di bawah komando ini, mereka meneruskan perjuangan di Medan Area.

0 Response to "Soal dan Jawaban Pertempuran Medan Area "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel