Waktu yang Tepat Mengawinkan Kelinci - CekBae

Waktu yang Tepat Mengawinkan Kelinci

Waktu untuk Mengawinkan Kelinci



Waktu yang Tepat Mengawinkan Kelinci
Sumber: freepik.com 
cekbae.com - Kelinci merupakan hewan yang cukup mudah untuk dipelihara. Kelinci ada yang digolongkan sebagai kelinci hias dan ada juga kelinci pedaging. Contoh jenis kelici hias yaitu Kelinci Rex dan Fuzzy Lop, sedangkan jenis kelinci pedaging contohnya adalah Kelinci Flamish Giant.

Kelinci dipelihara sebagai hiburan atau hobi, akan lebih menyenangkan jika dari hobi tersebut dapat menghasilkan. Salah satu cara untuk menghasilkan uang dari memelihara kelinci salah satunya yaitu dengan mengembangbiakannya. Kelinci agar dapat menghasilkan anak perlu untuk dikawinkan terlebih dahulu.

Perkawinan kelinci dapat dilakukan secara alami maupun buatan (IB). Akan tetapi kawin alam masih dianggap lebih efektif daripada dengan kawin IB. Untuk dapat mengawinkan kelinci perlu diperhatikan beberapa hal diantaranya yaitu umur. Kelinci betina dewasa kelamin pada umur 5 bulan dan siap dikawinkan pada umur 6 bulan, sedangkan kelinci jantan, dewasa kelamin umur 6 bulan dan siap untuk mengawini umur 8 bulan.

Waktu yang Tepat untuk Mengawinkan Kelinci

Waktu untuk mengawinkan kelinci yaitu pada umur 6 bulan minimal pada betina. Karena sudah dewasa kelamin dan dewasa tubuh. Kelinci sebaiknya dikawinkan pada pagi hari atau sore hari. Perkawinan kelinci yang dilakukan pada siang hari dapat menyebabkan kelinci setres karena panas.

Kelinci betina yang akan dikawinkan harus dalam kondisi birahi. Ciri - ciri kelinci sedang birahi yaitu sering menggaruk kandang, sering menggigit kandang, vulva merah dan anget. Pada saat kondisi itulah waktu yang tepat untuk mengawinkan kelinci. Pejantan sebaiknya jangan terlalu sering digunakan untuk mengawinkan, maksimal dua hari sekali. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga perfomans dari pejantan itu sendiri. Kasian juga kalo kencinya terlalu sering kawin :)

Cara Mengawinkan Kelinci

Cara mengawinkan kelinci yaitu dengan memasukkan kelinci betina ke dalam kandang kelinci jantan. Hal itu dilakukan karena sifat alami kelinci yang suka mempertahankan wilayahnya. Jadi, apabila kelinci jantan yang dimasukkan kedalam kandang kelinci maka akan mengakibatkan kelinci jantan takut dan tidak mau mengawini.

Waktu birahi pada kelinci terjadi pada umur 7 hari setelah kelahiran dan seminggu setelah penyapihan. Kelinci biasanya disapih pada umur 45 hari.

Sekian penjelasan mengenai waktu untuk mengawinkan kelinci, semoga bermanfaat dan kelincinya cepat bunting.

0 Response to "Waktu yang Tepat Mengawinkan Kelinci"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel