Penggunaan Ampas Tahu untuk Pakan Ternak - CekBae

Penggunaan Ampas Tahu untuk Pakan Ternak

Penggunaan Ampas Tahu untuk Pakan Ternak

Ampas Tahu untuk Pakan Ternak

Ampas tahu merupakan limbah pembuatan tahu, dimana ada sentra pembuatan tahu maka disitu pasti banyak limbah ampas tahu. Pemanfaatan ampas tahu untuk pakan ternak masih tergolong rendah karena kurangnya pengetahuan dari para peternak. Peternak tradisional kebanyakan hanya menggunakan rumput sebagai pakan utamanya.

Kelebihan Ampas Tahu untuk Pakan Ternak


Kedelai memiliki kandungan nutrien yang cukup tinggi terutama proteinnya. Kandungan protein pada ampas tahu juga tinggi karena bahan dasar pembuatan tahu merupakakan kedelai. Ampas tahu akan sangat bagus digunakan sebagai pakan ternak karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Ampas tahu memiliki kandungan mineral mikro ataupun makro seperti Fe, Mn, Cu, Co, dan Zn. Kandungan nutrien ampas tahu yaitu protein 8,66%, lemak 3,79%, air 51,63%, dan abu 1,21% (Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, 2011). 

Nutrisi ampas tahu


Penggunaan ampas tahu akan menekan biaya produksi. Biaya untuk pakan pada industry peternakan sekitar 70%. Oleh karena itu, diperlukan penyusunan ransum yang tepat agar bisa menekan biaya produksi.
 
Nutrisi ampas tahu

Sumber: Daftar Analisis Bahan Makanan Fakultas Kedokteran UI (Suprapti, 2005)

Kekurangan Ampas Tahu untuk Pakan Ternak


Kandungan air yang tinggi pada ampas tahu menyebabkan ampas tahu tidak tahan lama. Air merupakan media yang baik untuk perkembangan mikroba, sehingga menyebabkan ampas tahu cepat baud an basi. Untuk membuat ampas tahu lebih tahan lama bisa dikeringkan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar airnya.

Kandungan air ampas tahu segar yaitu sekitar 84,5%, sedangkan kandungan air ampas tahu kering yaitu sekitar 10,0-15,5%.

Pemberian ampas tahu pada ternak indukan juga tidak boleh terlalu banyak karena akan terjadi banyak penimbunan lemak. Penimbunan lemak yang terlalu banyak akan menyebabkan organ reproduksi akan terganggu karena banyaknya lemak tersebut. Selain itu, pemberian ampas tahu pada ternak betina akan menetralkan gonad calon induk.

Pengolahan Ampas Tahu agar Tahan Lama


Ampas tahu agar lebih tahan lama bisa difermentasikan. Produk fermentasi akan memiliki masa simpan yang lebih lama karena mikroba yang merugikan akan mati akibat kondisi yang tidak sesuai. Proses fermentasi biasanya akan menghasilkan alkohol yang memiliki kekurangan dan kelebihan.

Kelebihan alkohol tersebut untuk budidaya ikan yaitu sebagai bahan kimia alternatif pengganti hormone tirosin yang bertujuan menyamakan gender ikan sehingga peetumbuhan menjadi lebih cepat.

Harga Ampas Tahu di Tingkat Produsen Tahu


Ampas tahu memiliki harga yang relatif murah yaitu sekitar Rp. 1000/kg. Meskipun harganya murah tetapi sangat bagus untuk pakan ternak khususnya penggemukan. Harga yang murah dapat menekan biaya produksi. Tiap daerah pasti memiliki kisaran harga yang berbeda, contoh harga tersebut merupakan harga yang ada di daerah Cilongok, Banyumas dari salah seorang yang berjualan ampas tahu di salah satu grup Facebook.

0 Response to "Penggunaan Ampas Tahu untuk Pakan Ternak "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel