13 Tempat Wisata di Cilongok Banyumas yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Cilongok Banyumas dan Sekitarnya

Banyak sekali terdapat tempat wisata di daerah Banyumas, mulai dari wisata alam, wisata air, sampai wisata religi. Kali ini admin Cekbae telah merangkum 13 Tempat Wisata yang ada di Cilongok Banyumas dan sekitarnya. Tempat wisata tersebut kebanyakan merupakan wisata alam dan wahana kolam renang. Sebenarnya masih banyak tempat wisata di daerah Cilongok tetapi belum dapat di explore dengan lebih baik lagi.

Mulai dari tahun 2018 banyak bermunculan obyek wisata baru dengan pembangunan baik dari pemerintah maupun yang dibangun oleh pihak swasta. Langsung saja dikupas secara lengkap mulai dari foto, lokasi, fasilitas, hari buka dan harga tiket 13 Wisata di Cilongok Banyumas ini. Berikut admin tulis 13 obyek wisata yang ada di cilongok dan sekitarnya.

Tempat Wisata di Cilongok Banyumas 

1. Wisata Pereng Cilongok

12 Tempat Wisata di Cilongok Banyumas yang Wajib Dikunjungi

Lokasi

Wisata Pereng Cilongok merupakan obyek wisata baru yang ada di daerah Cilongok, memiliki luas sekitar 3 hektar. Beralamat di Kalimanggis Utara, Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, 53162. Lebih mudahnya berada di sebelah utara pasar Cilongok. Harga tiket masuk Wisata Pereng sangat terjangkau yaitu sebesar Rp.10.000 saja. Banyak sekali wahana yang tersedia di Wisata Pereng Cilongok antara lain yaitu kolam renang dewasa, kolam renang anak – anak, flying fox, perahu dayung, sepeda gantung, kolam pemancingan, becak mini, taman bunga dan masih banyak yang lainya. Wisata Pereng buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.15 WIB. 


2. Bukit Germanggis Karangtengah Cilongok

instagram.com/purwokerto_keren

Lokasi

Bukit Germanggis merupakan obyek wisata yang ada di Jl. Curug Cipendok, Dusun Karang Nangka, Depok, Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Lebih tepatnya yaitu sebelum Curug Cipendok. Di Bukit Germanggis banyak tersedia spot foto yang cukup menarik dengan memperlihatkan keindahan alam yang ada di bawahnya yaitu daerah Purwokerto dan sekitarnya. Selain banyak tersedia spot foto di bukit germanggis juga sering digunakan sebagai tempat camping atau kemah. Walaupun tergolong obyek wisata baru namun sudah banyak dipadati oleh pengunjung, harga tiket yang cukup terjangkau hanya Rp.10.000 sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada. 


3. Karang Penginyongan Karangtengah Cilongok

instagram.com/karangpenginyongan


Lokasi

Karang Penginyongan merupakan obyek wisata yang ada di Dusun Manggala, Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Obyek wisata Karang Penginyongan menyajikan panorama alam khas lereng Gunung Slamet dan edukasi budaya sekitar. Karang Penginyongan buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00 WIB.


4. Curug Cipendok

12 Tempat Wisata di Cilongok Banyumas yang Wajib Dikunjungi
katalogwisata.com 



Obyek wisata Curug Cipendok masih satu kompleks dengan Bukit Germanggis dan Karang Penginyongan. Curug Cipendok merupakan curug tertinggi yang ada di Kabupaten Banyumas dengan ketinggian 92 meter, suasana sejuk terasa cukup enak untuk dinikmati bersama segelas kopi. Meskipun kondisi curug sekarang ini yang kurang bagus akibat keruhnya air, namun masih ada wisatawan yang berkunjung ke sana. Curug Cipendok buka setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp.9.000 saja yang cukup terjangkau oleh semua kalangan masyarakat.


5. Rearing Manggala

elisdiahsrirahayu.blogspot.com
Lokasi

Rearing Manggala atau orang banyak mengenal Bukit Teletubies lebih tepatnya bukan merupakan obyek wisata karena tidak dibuka untuk umum. Namun, di tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal kebanyakan untuk berfoto dengan latar belakang padang rumput dan sapi layaknya berada di New Zealand. Wisatawan yang ingin berfoto hanya bisa sampai pagar pembatas saja di dekat jalan. Tidak ada biaya untuk masuk di Rearing Manggala ini alias gratis. Lokasinya masih satu kompleks dengan Curug Cipendok.


6. Oke Ciblon

oke ciblon

Lokasi

Oke Ciblon merupakan wisata kolam renang anak – anak yang berada di Dusun Lebaksiu, Karanganyar, Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas. Oke Ciblon tergolong wisata baru karena baru dibuka tahun 2018 yang lalu, tetapi setiap akhir pekan cukup dipadati wisatawan lokal yang ingin memanjakan para anak mereka. Harga tiket masuk cukup murah yaitu hanya Rp.5000 saja. Oke Ciblon buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB.


7. Pule Karangtengah

blogmufid.wordpress.com
Lokasi

Pule Karangtengah merupakan obyek wisata gratis yang ada di Kecamatan Cilongok. Pule merupakan sebuah jembatan dengan pemandangan alam sekitar yang cukup indah dikelilingi sawah dan perbukitan lereng Gunung Slamet. Berlokasi di perbatasan antara Sambirata dan Karangtengah, masih satu wilayah dengan Oke Ciblon.


8. Bukit Wana Pramuka

instagram.com/wana_pramuka

Lokasi

Bukit Wana Pramuka terletak di Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok, Banyumas. Terdapat berbagai fasilitas untuk tempat selfi dengan latar pemandangan perkotaan Purwokerto. Di Bukit Wana Pramuka sering digunakan sebagai tempat kemah ataupun camping.


9. Telaga Kumpe Cilongok

instagram.com/unnais

Lokasi

Telaga Kumpe merupakan obyek wisata berupa telaga yang berada di dataran tinggi tepatnya di Dusun Pesawahan, Desa Gununglurah, Cilongok. Di tempat ini juga tersedia berbagai fasilitas seperti perahu dayung, spot foto yang menarik dengan pemandangan alam khas pedesaan dan juga ada tempat untuk camping. Tidak ada biaya yang harus dibayarkan untuk masuk ke tempat ini alias gratis. Sebenarnya apabila dapat dikelola dengan baik Telaga Kumpe dapat dijadikan destinasi wisata andalan lain yang ada di Kecamatan Cilongok.


10. Bukit Gondang Sambirata

instagram.com/alisoe_014

Bukit Gondang terletak di Dusun Karang Gondang, Desa Sambirata, Kecamatan Cilongok. Lokasi Bukit Gondang tidak jauh dari Telaga Kumpe, hanya perlu menuju arah utara sekitar 500 meter maka sampai ke parkiran Bukit Gondang. Harga tiket masuk di Bukit Gondang cukup terjangkau yaitu Rp. 5000 saja. Fasilitas di Bukit Gondang yaitu ada Selfi deck, 1000 tangga, panorama keindahan alam Kecamatan Cilongok, tempat parkir, gazebo-gazebo, dan kolam renang anak.

Obyek Wisata di Ajibarang Banyumas

11. Dream Land Water Park

radarbanyumas.com
Lokasi

Dream Land Water Park merupakan taman rekreasi air terbesar yang ada di Kabupaten Banyumas. Berlokasi di Pancasan, Ajibarang, Kabupaten Banyumas 53163. Harga tiket masuk untuk hari biasa yaitu Rp.20.000 dan untuk weekend Rp.25.000, termasuk cukup murah dengan sajian fasilitas yang cukup lengkap di tempat tersebut. Ada banyak wahana air seperti wahana ombak buatan, wahana ember tumpah, waterboom, wahana seluncuran yang cukup Panjang dan masih banyak wahana yang lainya. Buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.


12. Kolam Renang Tirta Alami Pancasan

instagram.com/miptha15

Lokasi

Kolam Renang Tirta Alami berada di Pancasan, Ajibarang atau di sebelah Dream Land Water Park. Buka setiap hari mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Harga tiket masuk cukup murah Rp.6.000 saja. Sensasi berenang langsung dari mata air tanpa ada campuran zat lain seperti kaporit menjadi keunggulan dari Kolam Renang Tirta Alami.


13. Fatmaba Ajibarang/Green Mulia Hotel

brrwisata.com
Lokasi

Fatmaba/Green Mulia Hotel & Resort merupakan obyek wisata air yang berada di Ajibarang. Terdapat 3 buah kolam renang mulai dari anak – anak hingga dewasa, selain kolam renang juga terdapat hotel dan balai pertemuan. Harga tiket masuk cukup murah yaitu Rp.10.000. Buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Sekian sedikit tulisan mengenai tempat wisata di Cilongok dan bonus tempat wisata dari Ajibarang hehe. Buat kalian kalo lewat ke Cilongok jangan lupa untuk mampir ke wisata di daerah sini, jangan sampai menyesal karena tidak sempat untuk berlibur ke Cilongok.

3 Responses to "13 Tempat Wisata di Cilongok Banyumas yang Wajib Dikunjungi"

  1. Replies
    1. Setelah saya cek.ke wisata pereng biasa aja panorama nya.sepi banget..cuma lebih suka ke wisata germanggis nya..cuaca super dingin ..walau saya bukan orang sini..tapi 100%saya like it banget dengan wisata germanggis nya..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel