7 Prospek Kerja Lulusan Peternakan yang Sering Diremehkan

7 Prospek Kerja Jurusan Peternakan yang Sering Diremehkan

7 Prospek Kerja Lulusan Peternakan yang Sering Dianggap Rendahan


Jurusan Peternakan merupakan jurusan yang tidak hanya mempelajari tentang cara beternak tetapi mempelajari tentang manajemen dari peternakan dan lain sebagainya yang tidak seperti bayangan kebanyakan orang. Prospek kerja jurusan peternakan cukup luas, mulai dari wirausahawan, instansi pemerintah, bekerja di perusahaan ternama seperti PT. Charoen Pokphand, PT. New Hope, PT. Japfa dan perusahaan ternama lainya. Prospek kerja menjadi tenaga pengajar ataupun dosen juga bisa dipilih. Bukan tanpa alasan banyak mahasiswa yang masuk ke peternakan mungkin bisa saja awal masuk karena salah jurusan, namun setelah mereka tahu apa itu jurusan peternakan dan bagaimana prospek lulusan peternakan setelah lulus, kebanyakan dari mereka menikmati kuliah di jurusan peternakan.

Banyak anggapan orang yang mengira bahwa jurusan peternakan adalah jurusan yang level bawah, namun faktanya tidaklah demikian. Dunia peternakan butuh sebuah perubahan manajemen dari yang biasanya hanya bersifat kekeluargaan menjadi manajemen yang berbasis modern agar dapat lebih maju. Peran kita sebagai pemuda hendaknya bisa merubah pola pikir bahwa bekerja harus di instansi pemerintah atau pegawai negeri sipil. Sejatinya, menjadi pengusaha adalah pilihan yang tepat di era modern seperti ini yang harus dijalani generasi milenial yang butuh banyak kebebasan. Dengan kuliah di jurusan peternakan maka diharapkan lulusan jurusan peternakan nantinya bisa memiliki jiwa wirausaha yang tinggi dan bisa menyerap tenaga kerja yang banyak sehingga dapat mengurangi pengangguran yang cukup banyak sekarang ini.

Pengertian Peternakan

Peternakan merupakan aktivitas mengembangbiakkan & membudidayakan hewan ternak buat mendapatkan manfaat & hasil dari aktivitas tersebut. Peternakan tidak terbatas pada pemeliharaaan saja, memelihara dan peternakan perbedaannya terletak pada tujuan yang ditetapkan. Tujuan peternakan merupakan mencari laba menggunakan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal.

1. Prospek Kerja Lulusan Peternakan di Bagian Perusahaan Peternakan

Banyak lulusan peternakan yang setelah lulus atau bahkan belum lulus ditarik untuk bekerja di suatu perusahaan ternama, perusahaan tersebut bahkan ada yang sampai mengadakan seleksi pekerja di kampus.

2. Prospek Kerja Lulusan Peternakan di Perusahaan Pakan Ternak

Tidak jauh beda dengan perusahaan peternakan, namun di perusahaan pakan ternak nantinya lebih khusus untuk membuat pakan saja dan kandungan nutrisi yang harus ada dalam pakan tersebut. Lulusan sarjana peternakan bukan menjadi tenaga kasarnya tetapi lebih berada di bagian bagian penting seperti bagian manajerial dan lain lain.

3. Prospek Kerja Lulusan Peternakan di Instansi Pemerintah

Lulusan sarjana peternakan bisa saja masuk menjadi pegawai negeri sipil di Instansi seperti dinas peternakan dan dinas lainnya yang membutuhkan tenaga ahli di bidang peternakan.

4. Prospek Kerja Lulusan Peternakan Menjadi Tenaga Pendidik

Untuk menjadi tenaga pendidik atau dosen bukanlah hal yang tidak mungkin, dengan ketekunan untuk tetap belajar dan bisa melanjutkan ke S2 maka keinginan untuk menjadi seorang dosen bukanlah hal yang tidak mungkin.

5. Prospek Kerja Lulusan Peternakan Menjadi Wirausahawan

Menjadi wirausaha memang banyak resiko yang harus ditanggung, tetapi dengan ilmu yang sudah diperoleh di dunia kampus maka resiko tersebut dapat diminimalisir, jangan khawatir jika berkeinginan untuk menjadi pengusaha maka banyak mata kuliah yang berkaitan dengan manajemen peternakan yang bisa digunakan untuk mengelola perusahaan nantinya.

6. Prospek Kerja Lulusan Peternakan di Perusahaan Obat Ternak

Tidak jauh berbeda dengan perusahaan peternakan lainnya, namun di perusahaan obat ternak lebih khusus untuk membuat obat yang nantinya digunakan untuk ternak dalam menangani penyakit ataupun membuat obat untuk dapat meningkatkan pertumbuhan, meningkatkan efektivitas produksi dan lain sebagainya.

7. Prospek Kerja Lulusan Peternakan di Bank

Semua sarjana sebetulnya dapat masuk di Instansi seperti bank. Jadi, bank juga butuh lulusan peternakan karena uang akan berputar di seluruh sektor industri, dalam hal ini dunia peternakan.

Demikian adalah 7 Prospek Kerja Sarjana Peternakan, semoga bisa menjadi pertimbangan bagi siswa - siswa yang sekarang sedang mencari perguruan tinggi.

0 Response to "7 Prospek Kerja Lulusan Peternakan yang Sering Diremehkan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel