Ciri Khas Becak Banyumas

Ciri Khas Becak Banyumas

Ciri Khas Becak Banyumas
Banyumasnews.com
Semua orang pasti tahu apa itu becak, becak adalah alat transportasi yang memiliki roda tiga yang umum ditemukan di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya yaitu Banyumas. Keberadaan becak sekarang ini banyak tersingkir oleh alat transportasi lain yang lebih modern seperti motor dan mobil. Tukang becak sangat jarang ditemui di kota kota besar karena dianggap sebagai penyebab dari kemacetan. Kelebihan becak yaitu tidak menghasilkan polusi karena dijalankan dengan cara dikayuh. Untuk sekarang ini becak di kota besar dialihfungsikan untuk rekreasi dan berada di tempat liburan bukan di tengah perkotaan. Di wilayah Banyumas becak dapat ditemui di sekitar stasiun Purwokerto dan daerah sekitar pasar di Purwokerto misalnya Pasar Wage, Pasar Manis, Pasar Pon dan pasar – pasar lainnya. Biasanya becak digunakan untuk mengangkut barang belanjaan di pasar dengan jumlah yang banyak.

Becak ada yang masih tradisional yaitu becak kayuh dan ada pula becak yang sedikit modern yaitu becak motor. Becak di setiap daerah pasti memiliki ciri khasnya masing – masing mulai dari bentuknya, warnanya, dan sampai ke lukisan yang terdapat pada becak tersebut. Setiap lukisan yang terdapat pada becak memiliki filosofinya masing – masing. Contohnya lukisan pemandangan dan bawor yang terdapat pada becak di daerah Banyumas


Ciri Khas Becak Banyumas
Solopos.com

Ciri Khas Becak Setiap Daerah

Becak yang berada di sebagian wilayah Jawa Timur memiliki body yang relatif kecil dan memiliki atap yang lebih sederhana. Becak Jawa Tengah memiliki body yang lebih besar dari becak Jawa Timur dan memiliki atap yang lebih bervariasi. Becak yang berada di daerah Semarang, Jogja dan Solo memiliki body yang lebih besar atau semok dengan model yang membulat.

Becak Banyumas memiliki bentuk yang sedikit lebih kecil tetapi memiliki kesan yang lebih modern karena terdapat pelindung yang siap dibuka dan ditutup ketika terjadi hujan. Pelindung tersebut yaitu berupa plastik yang bening yang berfungsi agar penumpang tidak terkena air hujan.

Ciri Khas Becak Banyumas
Radarbanyumas.co.id

Lukisan pada Becak Banyumas

Kreativitas dari tukang becak cukup beragam mulai dari menulis kalimat unik sampai melukis gambar unik dan menarik untuk dapat menarik perhatian orang lain khususnya para calon penumpang. Becak Banyumas memiliki ciri khas yaitu adanya lukisan pemandangan Gunung Slamet, Bawor, dan lukisan - lukisan lainnya. Lukisan tersebut merupakan gambaran dari ikon di Banyumas. Lukisan Gunung Slamet lengkap dengan pemandangan di kaki gunungnya merupakan lukisan yang menggambarkan wilayah Banyumas terletak di bawah kaki Gunung Slamet dengan suasana yang indah dan asri serta nyaman. Lukisan Bawor merupakan maskot dari Kabupaten Banyumas. Bawor merupakan simbol watak dari orang Banyumas.


Gambaran Watak Bawor

Bawor memiliki gambaran watak:
  1. Sabar lan nrima (memiliki sifat yang sabar dan apa adanya dalam kehidupan sehari – hari. 
  2. Berjiwa kesatria (memiliki kepribadian yang baik, jujur, toleran, rukun, suka membantu orang lain dan mengutamakan kepentingan umum. 
  3. Cacutan (cekatan dan rajin) 
  4. Cablaka (lahir dan batinnya terbuka terhadap pertimbangan yang matang dari apa yang diucapkan secara spontan dengan bahan yang lugas, tanpa tedheng aling – aling atau eufenisme. 
(H. Budiono Heru Satoto dalam bukunya Banyumas Sejarah, Budaya dan Watak)

Bawor menggambarkan spirit dari wong cilik, orang desa, rakyat jelata dan nerima ing pandhum.

Itulah beberapa ciri khas dari becak yang berada di kawasan Banyumas dan Sekitarnya. Meskipun zaman sekarang sudah banyak alat transportasi yang lebih modern tapi bukan berarti harus melupakan becak yang penuh sejarah ini!

0 Response to "Ciri Khas Becak Banyumas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel