Cara Melacak HP Android yang Hilang Lewat Internet Menggunakan Gmail

Cara Melacak HP Android yang Hilang


Hampir semua orang di dunia menggunakan hp android. Baik untuk kebutuhan komunikasi, bisnis, ataupun sekedar ingin eksis di sosial media. Seringkali orang teledor saat menggunakan hp android yang menyebabkan hp android tersebut hilang. Entah itu ketinggalan disuatu tempat, hilang dalam perjalanan, ataupun hilang karena dicuri orang. Sehingga kita perlu melacak hp android yang hilang tersebut agar kita bisa menggunakannya kembali. Berikut cara melacak hp android yang hilang lewat internet menggunakan gmail.

Ada banyak sekali cara untuk menemukan hp android yang hilang, mulai dari menggunakan nomor hp (namun hanya untuk operator tertentu saja), menggunakan aplikasi gratis di playstore seperti lockwatch dan hidden eye, juga bisa menggunakan gmail seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Cara ini bisa digunakan di semua tipe hp android, mulai dari Samsung, Oppo, Vivo, Asus, Nokia, Advan ataupun merk merk lainnya yang dioperasikan dengan OS Android.


Cara Melacak HP Android yang Hilang Lewat Internet Menggunakan Gmail

Melacak hp android yang hilang dengan android device manager menggunakan gmail
Android device manager (ADM) adalah salah satu fitur bawaan dari google untuk bisa melacak lokasi hp android yang kita miliki. Untuk menggunakan fitur ini kalian memerlukan aplikasi find my phone dari google yang tersedia gratis di playstore atau kalian bisa kunjungi halaman ini https://www.google.co.id/android/find jika ingin mengaksesnya melalui PC/komputer.
  • Buka aplikasinya, atau klik alamat tersebut.
  • Langkah pertama adalah masuk ke akun gmail kalian (pastikan gmail yang digunakan sama dengan gmail yang aktif di hp android kalian yang hilang)
  • Lalu akan muncul menu masukan password, isi sesuai password gmail kalian
  • Kemudian akan muncul tampilan selamat datang dari ADM, klik lanjutkan
  • Kemudian lokasi dari hp yang hilang bisa langsung terlacak keberadaannya 

Kalian bisa memperbesar lokasi dimana hp android kalian untuk lebih detailnya, jika tau lokasinya alangkah baiknya kalian langsung mendatangi lokasi tersebut sebelum hp kalian diambil orang ataupun dimatikan oleh sang pencuri

Kalian juga bisa memanfaatkan keunggulan dari fitur android device manager karena ADM memiliki beberapa opsi yang bisa kalian gunakan seperti “Putar Suara” ataupun “Aktifkan Opsi Amankan dan Hapus”.
Menu ini terlihat di halaman utama
Pilih sesuai keinginan kalian, berikut cara menggunakannya:

Cara Membunyikan HP Android yang Hilang Menggunakan Gmail


Jika lokasi yang terlihat adalah disekitar kalian maka kalian bisa gunakan menu “Putar Suara” untuk mencari tau letak pastinya dimana hp android kalian bersembunyi

Pilih menu “Putar Suara” seperti pada gambar diatas maka akan otomatis hp android kalian yang hilang akan berbunyi, jika kalian mendengarnya maka langsung saja menuju lokasi dan amankan hp kalian
Jika lokasinya cukup jauh dan tidak memungkinkan maka kalian bisa memilih untuk “Aktifkan Opsi Amankan dan Hapus” untuk mengamankan atau menghapus semua data dari perangkat kalian jika memang itu dirasa sangat penting dan tidak ingin ada orang lain yang mengetahuinya, berikut caranya:

Cara Mengunci HP Android yang Hilang Menggunakan Gmail

  • Pilih menu “Aktifkan Opsi Amankan dan Hapus” pilih kunci, maka kita bisa mengunci hp android yang hilang dari jarak jauh. Bahkan kita bisa mengirimkan pesan yang akan mucul di lockscreen kepada si pencuri ataupun orang yang menemukan hp tersebut.
  • Setelah memilih menu kunci maka kalian bisa menulis pesan (opsional) kepada si penemu hp agar mau mengembalikan hp android anda.
  • Di kolom satunya, kalian bisa mengisi nomor hp kalian agar bisa dihubungi oleh si penemu hp
  • Jika sudah terisi semua maka kalian bisa langsung tekan kunci. Dan hp kalian sudah tidak bisa di mainkan sama si penemu hp, karena suah terkunci.

Cara Menghapus Data di HP Android yang Hilang Menggunakan Gmail

  • Kalian bisa menghapus data di hp android kalian yang hilang dari jarak jauh menggunakan gmail. Cara ini kalian gunakan jika memang data tersebut sangat penting dan pribadi dan kalian tidak ingin ada orang lain yang mengetahuinya. Dan tentu saja jika kalian sudah pasrah dan ikhlas karena hp tersebut tidak kunjung ketemu.
  • Pilih menu hapus, maka akan terlihat tampilan seperti berikut
  • Jika sudah memantapkan hati maka langsung tekan hapus untuk mengamankan data dari orang lain
  • Jika hp android kalian dalam keadaan mati maka data akan otomatis terhapus saat perangkat kalian dihidupkan oleh si pencuri atau penemu hp

Nah, tadi adalah cara-cara yang bisa kalian lakukan untuk menemukan ataupun mengamankan data hp android kalian yang hilang. Sebenarnya android sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti itu namun pada kenyataannya masih banyak orang yang bingung harus melakukan apa saat dihadapkan dengan peristiwa hp hilang ataupun hp dicuri.


Jangan bingung saat hp android kalian hilang, jangan buru-buru menghubungi polisi ataupun melaporkannya kepada FBI hehe, tinggal buka www…. Dan lakukan langkah-lngkah diatas maka jika kalian beruntung maka hp android kesayangan kalian bisa kembali ke tangan kalian.


Jangan lupa komentar, jika masih ada yang dibingungkan.


Sekian, Terimakasih

0 Response to "Cara Melacak HP Android yang Hilang Lewat Internet Menggunakan Gmail"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel